Tuesday, 16 June 2015

CONTOH LAPORAN PRAKERIN

Description: http://proto.areamagz.com/alpha/backend/media/data/entry_images/2010/10/18/mata-air-areamagz_full.jpg


PERANAN PRAKERIN TERHADAP PELAYANAN FB SERVICE DEPARTEMENT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU DI RESORT PRIMA SANGKANHURIP
Laporan Parkerin

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Akhir Parkerin
Siswa Kelas XI – Pariwisata SMK Multiguna Darmaraja

Description: E:\MULTIGUNA\Logo\Logo MG bagus.jpg

Oleh
Nama   : SATYA
NIS      : 9970726406
Kelas    : XI – AP
AKOMODASI PERHOTELAN



SMK SATYA DARMARAJA SUMEDANG
Jln. Raya Sumedang – Wado Km 20
2014/2015
LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN PARKERIN

Laporan parkerin ini telah disetujui dan disahkan pada :
Hari                  : ………………………………………………………………..
Tanggal           : …………………………………………………………………


Disetujui oleh :
Pembimbing;                                                   Wali Kelas;


                  .................................                                      ........................................

Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Satya


Drs. H. EWIJAYA, M.MPd





MOTTO DAN PERSEMBAHAN
·         Halangan adalah penyemangat untuk meraih semua kesuksesan
·         Nasehat yang baik terkadang sangat menyakitkan
·         Kegagalan hanya terjadi bila kita menyerah




      Kupersembahkan :
·         Kedua orng tua yang tersayang
·         Teman – teman yang terbaik
·         Semua pembaca laporan ini
         











1
KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat tuhan yang maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan leporan ini dengan baik dan sebagai bukti bahwa penulis melaksanakan praktek kerja industry (PARKERIN).
Praktek kerja industry sendiri kegiatan yang bersifat wajib untuk setiap siswa semester dua SMK Multiguna sebagai salah satu syarat untuk melanjutkan kesemester selanjutnya. Serta sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban penulis dalam menjalani tugas kerja selama mengikuti Parkerin. Praktek kerja industry merupakan kegiatan siswa/siswi yang dilaksanakan minimal dua bulan disuatu perusaan  yang sesuai dengan masing-masing jurusan. Penulis ucapkan terimakasih kepada :
1.        Bapak Drs. H. Wijaya, M.M.Pd selaku kepala sekolah SMK Satya 
2.        Ibu imasti, S.Pd selaku wali kelas XI Pariwisata
3.        Ibu Lilis , S.E selaku guru pembingbing
4.        Bapak Surya selaku pembingbing FB service di Resort Prima Sangkanhurip
5.        Kedua orang tua yang telah mendukung secara moril dan materil
6.        Serta teman-teman yang sama-sama melakukan Parkerin
Semoga laporan ini dapat berguna bagi semua. Baik penulis sendiri dan para pembaca pada umumnya


Sumedang,       Maret  2015


Penulis



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
MOTTO DAN KUPERSEMBAHKAN
KATA PENGANTAR ……………………………………………….       i
DAFTAR ISI …………………………………………………………        ii
BAB I   PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang……………………………………………      1
1.2    Batasan Masalah………………………………………….       1
1.3    Rumusan Masalah…………………………………………      1
1.4    Tujuan Prakerin……………………………………………      2
1.5    Lokasi Dan Tempat Pelaksanaan Prakerin………………..       2
1.6    Metodelogi Penelitian……………………………………..      2
1.7    Sistematika Penulisan……………………………………..      3

BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Food And Beverage Department……..……….      4
2.1.1 Tujuan Food And Beverage Department……..……..     4
2.2.2 Fungsi F&B Department……….…………...….……     4
2.2. Ruang Lingkup Restaurant F&B Service Department…….     5
2.3. Tugas Dan Tanggung Jawab F&B Service………………...     5
2.4. Hubungan F&B Service Department lain…..……..……….     6
2.5. Kepuasan Pelanggan ………………………………………     7
2.5.1. Pengertian Kepuasan ………………………………..    7
2.5.2. Pengukuran Kepuasan Pelanggan ……………………   8
2.5.3. Faktor-Faktor Timbuknya Ketidak Puasan Pelanggan..  9
2.5.4. Strategi Kepuasan Pelanggan ………………………… 9



BAB III GAMBARAN UMUM
 3.1 Sejarah Resort Prima Sangkanhurip………………….…..       11       
 3.2 Visi dan Misi…………………………………………......       11
 3.3 Fasilitas-fasilitas kamar yang ada di
       Resort Prima Sangkanhurip ……………………………….     12
 3.4 Jenis dan Fasilitas Kamar yang ada di Resort Prima
Sangkanhurip ………………………………………………    13
 3.5 Struktur Organisasi Resort Prima Sangkanhurip ………......    20
 3.6 Departemen Di Resort Prima Sangkanhurip ……………….    21

BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASA
 4.1 Struktur Organisasi Hotel ………………………………….    22
 4.2 Lingkup Pekerjaan Setiap Department …………………….    22
 4.3 Kegiatan Di Banquet ………………………………………    25
 4.4 Organisasi pelaksanaan Kerja Restaurant Department …….    26
 4.5 Fungsi dan Masalah-masalah bagian makanan dan
       Minuman …………………………………………………       26
 4.6 Kendala yang di hadapi F&B Service. 
       Department dalam menjalankan tugas……………………..     26


BAB  V KESIMPULAN
5.1 Kesimpulan ………………………………………………..      27
5.2 Saran ………………………………………………………      27

DAFTAR PUSAKA
LAMPIRAN





BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang
Dewasa ini masalah kepariwisataan adalah merupakan suatu hal yang tidak asing lagi bagi Negara kita, bahkan juga di setiap Negara yang ada di dunia, hal ini di sebabkan  dunia kepariwisataan saat ini adalah salah satu devisa di luar non migas, yang nantinya dapat menunjang perekonimian suatu Negara.
Di Negara Indonesia khususnya di jawa barat pada umumnya merupakan salah satu tujuan tempat kunjungan wisatawan yang datang berkunjung ke Indonesia oleh wisatawan local maupun internasional, oleh sebab itu pemerintah mendirikan sekolah-sekolah kepariwisataan yang mendidik tenaga terampil dalam dunianya yang akan terjun langsung mengikatnya mutu pelayanan kepada para wisatawan. Hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bagian bangunannya untuk menyediakan layanan, pengembangan pariwisata ini tentu saja dapat memperluas lapangan kerja dan lapangan usaha , mendorong pembangunan daerah dan meningkatkan kegiatan ekonomi.

1.2.       Batasan Masalah
Mengingat begitu bayak materi yang akan di bahas dalam masalah ini maka penulis akan membatasi berkisar pada judul “peranan prakerin terhadap pelayanan F&B service department dalam meningkatkan kepuasan tamu di resort prima sangkanhurip.

1.3.       Rumusan Masalah
1.        Bagaimana organisasi dan pelayanan kerja F&B department?
2.        Bagaimana kegiatan di bagian room service ?
3.        Bagaimana kegiatan di banquete?
4.        Bagaimana kendala yang dihadapi F&B department ? 
5.        Bagaimana peranan F&B service dalam membersihkan restoran?

1.4.       Tujuan Prakerin
Adapun tujuan pembuatan laporan prakerin adalah sebagai berikut :
1.        Sebagai salah satu syarat dalam menempuh ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2014/2015 Smk Multiguna Darmaraja;
2.        Sebagai upaya dalam mengembangkan pribadi dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya;
3.        Mengembangkan rasa tanggungjawab terhadap profesi yang akan dijalani dimasa yang akan dating;
4.        Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang penulis peroleh dari sekolah dan hotel resort prima sangkanhurip untuk dijadikan acuan dalam menghadapi dunia kerja;
5.        Mengetahui secara langsung cara kerja food ana beverge department di rfesort prima sangkan hurip

1.5.       Lokasi dan tempat pelaksanaan prakerin
Praktek kerja industri telah dilaksanakan selama 2 bulan dari tanggal 05 januari 2015 sampai tanggal 26 pebuari 2015 penulis mendapatkan kesempatan melaksanakan prakerin ini bagian food and beverge departement .

1.6.       Metedeologi Penelitian
1.             Penelitian lapangan (Fieled research)
Merupakan metode penelitian yang dilakukan kelapangan, yaitu Resort prima sangkanhurip kuningan. Di dalam fieled  research iniu penulis melakukan berbagai bagian cara, antara lain :
a.         Interview (Wawancara) yaitu peruses komunikasi pengumpulan data dengan koresponden, dalam hal ini penulis mengadakan wawancara secara langsung dengan karyawan, pimpinan, dan staf bagian F&B Service department pada saat melakukan prakerin di resort prima sangkan hurip.
b.        Observasi, Yaitu cara mengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan meneliti kejadian yang sedang berlangsung. Dalam hal ini penulis melakukan pengamatan terhadap kegiatan F&B Service department

2.             Penelitian kepustakaan (Libray Research)
Suatu usaha dalam pendapatan data yang di p;erlukan melalui buku, dokumen-dokumen dan laporan tertulis dari hotel tempat penulis melakukan prakerin dilapangan, selain itu dilakukan penyaringan data yang relevan dengan materi pembahasan.

1.7.       Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan ini dimagsud agar dapat memberikan gambaran secara ringkas mengenai materi secara keseluruhan dalam penulisan ini penyusun menguraikan bagian-bagian yang akan di bahas kedalam lima bab sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN.
BAB II LANDASAN TEORI.
BAB III GAMBARAN UMUM RESORT PRIMA SANGKANHURIP.
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN











4
BAB II
LANDASAN TEORI


2.1.       Pengertian Food and Beverage
F&B Departemen adalah suau depertemen keberadaannya merupakan salah satu sumber pendapatan bagi hotel yang bersangkutan dan bertanggung jawab atas pelayanan makanan dan minuman. F&B dtepartemen dibagi menjadi 2 Yaitu :
a.        F&B  PRODUCT
F&B Product adalah suatu otlet yang bertugas dalam bertanggung jawab atas pengelolaan makanan
b.        F&B SERVICE
F&B srevice adalah salah satu oylet yang menyajikan makanan dan minuman pada tamu yang dbuat oleh F&B product.

2.1.1  Tujuan Food & Beverage Departement
a.         Menjual makanan dan minuman sebanyak-banyaknya dengan harga yang sesuai.
b.        Memberikan pelayanan sebaik mungkin pada tamu sehingga tamu merasa puas hal ini menyangkut mutu pelayanan. Mutu makanan dam minuman, sikaf karyawan, dekorasi ruangan dan peralatan yang dipakai harus melaliu syarat sanitasi.

2.1.2  Fungsi F&B Departement
Fungsi F&B depertement adalah sebagai sarana yang harus ada di hotel yang keberadaannya sebagai salah satu sumber pendapatan bagi hotel yang bersangkutan.



2.2.       Ruang Lingkup Restaurant F&B Service Departement
                1.       Fursacing atau bagian pembeli yang bertugas untuk menangani, mengadakan barang-barang di hotel.
                2.       Recevling atau bagian penerimaan barang adalah yang bertanggung jawab atas penerimaan barabg-barang yang masuk harus diperiksa dengan teliti.
                3.       Storing atau bagian penyimpanan setelah barang-barang yang di pesan selesai diperiksa maka harus segera dimasukan kedalam gudang. Bagian barang ini harus membeli secara umum gudang-gudang dapat diklasifikasi kan menjadi 2 jenis, yaitu :
a.         Gudang umum adalah menyimpan barang hotel yang diminta atau di pesan oleh masing-masing bagian secara perode
b.        Gudang untuk kebutuhan sehari-hari adalah gudang yang khusus untuk makanan dan minuman yang dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari.
                4.       Producing adalah bertugas mengolah makanan atau bagian dapur yang mempunyai tugas menyiapkan dan mengolah makanan
                5.       Restaurant adalah salah satu outlet dari bagian makanan dan minuman kepada tamu-tamu di hotel.

2.3.       Tugas Dan Tanggung Jawab F&B Service
Diantaranya :
a.         Morning
·           Mempersiapkan restaurant untuk tamu breakfast
·           Membuka look book untuk setor pada manager hotel
·           Menyiapkan air putih di ruang manager &accounting
·           Melayani tamu breakfast mulaui dari menunggu tamu dating,menyambut tamu, mendudukan tamu, melakukan taking order, clear up
·           Membersihkan alat-alat sepeti cutlerys,china wares
·           Membersihkan restaurant&menyiapkan set-up dan lunch
·           Membuat bill breakfast
·           Over handle kepada shift sore

b.        Evening
·           Menyiapkan gelas-gelas minuman kopi&the
·           Mempersilahkan tempat kerja&restaurant menyiapkan set-up dan dinner
·           Melayani atternoon tea
·           Melanjutkan biling morning shift
·           Melayani tamu dinner
·           Membuat bill dinner
·           Mempersiapakan alat-alat untuk breakfast besok hari seperti cut lerys, china wares,kopi dan lain-lain
·           Menutup restaurant

2.4.       Hubungan F&B Service Departement lain
Diantaranya :
a.         Front Office Departement : kerja sama ini sangat diperlukan terutama dalam pembemberian keterangan tentang tamu-tamu hotel misalnya: jumlah tamu, kamar-kamar yang terpakai, tamu yang masuk&keluar,disamping itu juga memberikan pesanan khusus seperti, tamu-tamu penting, ( VIP Guest ) pemberian sesuatu dari pihak hotel kepada tamu tertentu ( complement ).
b.        Housekeeping Departement : disini lebih banyak menyangkut soal keberhasilan & pengadaan peralatan pada umum nya, housekeeping bertanggung jawab dalam membersihkan lantai, pintu, jendela restaurant, ( bar termasuk juga dalam penyedian pakain dinas pegawai, linen, taplak meja, lap dan bunga ).
c.         Accounting Departement : kerja sama ini sangat sekali dalam menangani & membuat laporan tentang hasil penjualan makanan & minuman di restaurant & bar. Dalam hal pengawsan bahan makanan &minuman yang di produksi, memerlukan kerja sama yang teratur & baik disamping itu kerja sama& saling pengertian ini ini juga di perlukan dalam pembayaran terhadap bahan-bahan makanan & minuman kepada para penjual dan juga dalam ketepatan pembayan gaji
d.        Engineering Departement : demi kelancaran jalanya oprasi perbaikan atas perabot ( furniture ) restaurant & bar adalah sangat perlu disamping itu pengadaan & pengawasan atau peralatan listrik yang digunakan baik di restaurant, bar dan dapur harus dilaksanakan dengan baik, sehingga dapat beroprasi semestinya.


2.5.       Kepuasan Pelanggan
2.5.1. Pengertian Kepuasan
Fandy Tjiptono  mengemukakan bahwa :
“Kepuasan adalah suatu perasaan yang dimiliki ketika seseorang dapat mencapai sesuatu atau ketika sesuatu yang diinginkan untuk terjadi telah terjadi.” (Service Management, hal. 146)
“Kepuasan merupakan suatu  perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsinya terhadap kinerja atau hasil dari suatu produk dan harapan-harapannya (Service Management, 112).
            Ada kesamaan dari definisi diatas, yaitu menyangkut kepuasan pelanggan (harapan dan hasil yang dirasakan). Umumnya harapan pelanggan merupakan perkiraan atau keyakinan pelanggan tentang apa yang diterimanya bila membeli atau mengkonsumsi suatu produk (barang dan jasa). Sedangkan kinerja yang dirasakan merupakan persepsi pelanggan terhadap apa yang diterima setelah mengkonsumsi produk yang dibeli.
         Menurut Fandy Tjiptono (2001) dalam Julita (2001) mengemukakan  bahwa :
“ kepuasan pelanggan merupakan evaluasi purnabeli dimana alternatif dipilih sekurang-kurangnya memberi hasil yang sama atau melampaui harapan pelanggan, sedangkan ketidakpuasan pelanggan timbul ketika hasil (outcome)yang tidak sesuai dengan harapan. Secara konseptual, kepuasan konsumen dapat digambarkan”(Strategi Pemasaran,hal 122 )
Hal ini sesuai dengan yang dikatakan Philip Kotler (1993) dalam Saraswati (2008) yang menyatakan kunci untuk mempertahankan pelanggan adalah kepuasan pelanggan. Pelanggan yang puas akan :
1.        Melakukan pembelian ulang
2.        Mengatakan hal yang baik tentang perusahaan kepada orang lain (rekomendasi).
3.        Kurang memperhatikan merek dan iklan produk pesaing.
4.        Membeli produk lain dari perusahaan yang sama.

2.5.2. Pengukuran Kepuasan Pelanggan
Menurut Kotler yang dikutip oleh Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra terdapat empat metode yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengukur kepuasan pelanggan, yaitu:
a)      Sistem keluhan dan saran
Setiap perusahaan yang berorientasi pada pelanggan (customer oriented) perlu memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para pelanggan untuk menyampaikan saran, pendapat dan keluhan. Informasi yang diberikan oleh pelanggan akan sangat berguna untuk memperbaiki kekurangannya.
b)      Survey kepuasan pelanggan
Melalui survey, perusahaan akan memperoleh tanggapan dan umpan balik secara langsung dari pelanggan dan sekaligus memberikan tanda bahwa perusahaan memperhatikan para pelanggannya.
c)      Ghost shopping
Metode ini dilakukan dengan cara mempekerjakan beberapa orang (ghost shopping) untuk berperan sebagai pelanggan potensial produk perusahaan dan pesaing. Dimana ghost shopper menyampaikan temuan-temuan mengenai kelemahan maupun kelebihan produk perusahaan dan pesaing.
d)      Lost customer analysis
Perusahaan berusaha menghubungi para pelanggannya yang telah berhenti membeli atau beralih ke perusahaan lain. Perusahaan ingin mengetahui apa penyebab terjadinya hal tersebut sekaligus mengetahui kekurangan dari produk (barang dan jasa) perusahaan. (Service, Quality & Satisfaction, 70)

2.5.3. Faktor-Faktor Timbulnya Ketidakpuasan Pelanggan
Menurut Fandy Tjiptono munculnya ketidakpuasan pelanggan terhadap produk/sesuatu, dikarenakan oleh:
a)        Ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan
b)        Kualitas pelayanan di bawah standar
c)        Layanan selama proses menikmati jasa tidak memuaskan
d)       Harga yang dikeluarkan tidak sesuai dengan  pelayanan yang didapat (Service Management, 113-114)

2.5.4. Strategi Kepuasan Pelanggan
Ada empat strategi untuk memenuhi kepuasan konsumen, menurut Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, yaitu :
a)      Relationship Marketing Strategy
Hubungan transaksi antara penyedia jasa dan pelanggan berkelanjutan, tidak berakhir setelah selesai pembelian. Dengan kata lain, suatu hubungan yang secara terus menerus sehingga terjadi bisnis ulangan (repeat business).

b)      Strategy Superior Customer Service
Strategi berusaha menawarkan pelayanan yang lebih unggul dari para pesaing. Membutuhkan dana yang besar, sumber daya manusia, dan usaha yang gigih.
c)      Strategy Unconditional Guarantees
Strategi yang berkomitmen untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan yang pada gilirannya menjadi sumber dinamisme penyempurnaan kualitas jasa dan kinerja perusahaan.
d)     Strategi Keluhan Yang Efisien
Penanganan keluhan yang baik akan memberikan peluang untuk mengubah pelanggan yang tidak puas akan menjadi pelanggan yang puas atau bahkan pelanggan tetap. (Service, Quality & Satisfaction, 129)





















11
BAB III
GAMBARAN UMUM
HOTEL PRIMA SANGKANHURIP

3.1         Sejarah Resort Prima Sangkanhurip
Resort Prima Sangkanhurip didirikan pada tahun 1991. Resort Prima Sangkanhurip terletak di Desa Panawuan Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan No.121, Telp. (0231) 613700 Fax. 6131701. Resort Prima Sangkanhurip Merupakan hotel bintang (***). Didirikannya Resort Prima Sangkanhurip bertujuan untuk meningkatkan kebudayaan pariwisata dan meningkatkan lapangan pekerjaan bagi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Kuningan.
Resort merupakan salah satu bentuk akomodasi penginapan yang memilki nuansa alamiah, bangunan-bangunan yang menyebar tau terpisah dengan potensi daerah pariwisatanya, tersedianya media kontak antar wisata, serta fasilitas-fasilitas yang lengkap dan terjamin. Begitu juga dengan Resort Prima Sangkanhurip yang sudah memiliki semua fasilitas-fasilitas yang diperlukan oleh tamu dengan nuansa alami yang dikelilingi oleh tempat-tempat wisata.

3.2         Visi dan Misi Resort Prima Sangkanhurip
Resort Prima Sangkanhurip memiliki komitmen yaitu dengan adanya Visi dan Misi, diantaranya sebagai berikut :
a.        Visi
Hotel Prima Group menjadikan salah satu jaringan Hotel Indonesia yang sehat, mapan, serta dikenal, baik di dalam maupun luar negeri dengan mutu pelayanan serta produk yang memuaskan pelanggan serta memperkenalkan dan mengembangkan pariwisata di Indonesia.


b. Misi
1. Mengutamakan kepuasan pelanggan, baik pelanggan eksternal maupun internal, dengan member mutu produk dan pelayanan yang professional, dengan adil, bijaksana, hormat, dan sopan.
2. Dengan mengutamakan kepuasan pelanggan, maka diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi :
                             a) Pemegang Saham
                                b)Management
c) Karyawan
d) Rekanan
3. Menciptakan budaya kerja yang professional, jujur, dan disiplin dengan integritas serta mutu kerja yang sehat.
4. Memperlakukan seluruh karyawan dengan adil dan bijaksana serta memberikan kesempatan bagi mereka untuk kreatif memberikan masukan kritik yang bertujuan untuk kemajuan perusahaan.
5. Peningkatan kesejahteraan karyawan melalui pengembangan, pengetahuan, motivasi, jenjang karir, dan pengembangan diri.

3.3         Fasilitas-fasilitas yang Dimiliki Resort Prima Sangkanhurip
Resort Prima Sangkanhurip memiliki fasilitas-fasilitas yang bisa menunjang kebutuhan tamu, diantaranya sebagai berikut :
a.    Teratai Restaurant
b.    Bar dan Karaoke
c.    Swimming Pool
d.    Tennis
e.    Billyard
f.      Kolam Pancing
g.    Volly Ball
h.    Area Garden
i.      Laundry
j.      Meeting Room
k.    Tenda Cakra Buana
l.      Panggung Budaya Cilimus 1928
m.  Waroeng Kopi
n.    Balai Desa
o.    Outbond Area
p.    Camping Area
q.    Studio Music
r.     Lapangan Helikopter
s.     Jogging Track
t.      Room Service

3.4.       Jenis dan Fasilitas Kamar Yang Ada di Resort Prima Sangkanhurip
a.             Resort Prima Sangkanhurip memiliki 59 kamar dengan jenis yang berbeda-beda seperti :
v  6 Standar Room
Fasilitas nya :
Twin/Double Bed, TV, AC, Standing Shower, Terrace.






v  14 Superior Room
Fasilitasnya:
Twin/Double Bed, TV, AC, Bed Tub, Terrace.
v  8 Deluxe Room
Fasilitasnya:
Twin Bed, TV, Mini Bar, AC,Bed Tub.
Dengan view menghadap ke swimming pool,
 Terrace.






v  Standar Bungalaw@2 Room
.
Fasilitasnya:
Twin and Double Bed, Living Room, Mini Kitchen, AC,TV,
Meja Makan,Standing Shower, Refrigerator,Terrace.

v  1 Family Bungalaw@2 Room

Fasilitasnya:
Twin and Double Bed,Living Room, Mini Kitchen, AC,TV,
Meja Makan, Bed Tub, Refrigerator,Terrace.








v  Suite Bungalaw@2 Room
Fasilitasnya:
Twin and Double Bed, Living Room,Mini kitchen, AC, TV,
 DVD,Meja Makan,Standing Shower,Refrigerator,Fruit Basket,Dispenser,Terrace.

v  1 Royal Suite@3 Room
Fasilitasnya:
 2 Room Twin Bed,1 Double Bed,TV, AC,DVD,
 2 Bathroom, Standing Shower,Bed Tub,Living Room,
Mini kitchen,Meja Makan, Refrigerator,Dispenser,Fruit Basket, Terrace.



b.        Bungalaw Perkampungan Cilimus 1928
v  Pondok Sekdes@1 Room
  
            Fasilitasnya:
Living Room,Meja Makan,Refrigerator,Double Bed,
 Standing Shower,AC,TV,Mini Kitchen, Terrace.

v  13 Pondok Kuwu@2 Room

Fasilitasnya:
Twin and Double Bed,Living Room,Mini Kitchen, Meja Makan,Standing Shower,AC, TV,Refrigerator,Terrace.





v  1 Pondok Pamong@1 Room
Fasilitasnya:
Double Bed, Living Room, TV, AC, Mini Bar, Mini Kitchen,Standing Shower, Terrace.

v  Rumah Pohon

Fasilitasnya:
Twin Bed, Kipas Angin,Standing Shower, TV.







v   9 Cakra Room

Fasilitasnya:
Twin Bed,Kipas Angin,TV.

v  6 Driver Room
Fasilitasnya:
Twin Bed,Kipas Angin.




General Manager
Yulianti
3.5. Struktur Organisasi Resort Prima Sangkanhurip


Coordinator F & B
Suryadi

Coordinator HK
Surya Adipati

FO Manager
Kusnadi

Personal Manager
Ahmad Jazuri

Marketing Manager
Ade Ukanda


tiara
dody
Asep
Indra
Galih
Ramanda


Order Taker


Laundry
Ardya

F&B Product SPV
Trisno

F&B Service SPV
Daud

 







Gardener SPV
Uu Maryuti

PA SPV
Ryan Rohadi

Floor SPV
Edi Samadi
                                                                                                                                               

                                                                                                                                                                              










3.5.       Departemen Di Resort Prima Sangkanhurip
Departemen diresort Prima Sangkan Hurif, diantaranya:
1.        Front Office Departemen adalah departemen yang bertanggungjawab sebagai penyambut tamu, sebagai penjual jasa hotel dan sebagai pusat informasi tentang hotel khususnya untuk tamu
2.        Housekeeping Departemen adalah departemen yang bertanggungjawab atas kebersihan seluruh bangunan hotel
3.        Sales dan marketing departemen adalah departemen yang bertanggungjawab atas pemasaran produk-produk hotel, seperti kamar.
4.        Acconting departemen adalah departemen yang bertanggungjawab atas operasi keuangan hotel, baik pengeluaran maupun pendapatan hotel
5.        Food and beverage departemen adalah depatemen yang bertanggungjawab atas layanan makanan dan minuman di restoran maupun di kamar (room service)
6.        Engineering departemen adalah departemen yang bertanggungjawab atas perbaikan dan perawatan mesin maupun  barang-barang yang ada di hotel

















22
BAB IV
ANALISIS DAN PEMBAHASAN

4.1  Stuktur Organisasi Hotel
Hotel merupakan
4.2  Lingkup Pekerjaan Setiap Departement
                 Dapartemen yang ada di hotel antara lain:
1.      Front Office Departemen, yaitu salah satu bagian terpenting yang mutlak harus ada pada sebuah organisasi hotel. Front office  merupakan cerminan dari kualitas hotel untuk pertama kali bagi tamu saat memasuki suatu hotel. Dan front officejuga mengurus segala kedatangan (chek in) dan keberangkatan (chek out) dan menjadi ujung tombak cirta hotel di mata tamu. Pront office dibagi beberapa bagian yaitu :
a)         Receptionist adalah petugas yang melayani segala kebutuhan tamu yang datang kehotel dan juga yang memberikan informasi kepada setiap orang yang datang kehotel.
b)        Reservasi adalah petugas yang bertanggung jawab melayani segala pemesanan kamar dan chek out tamu.dan juga mengarsip segala arsip-arsip tentang tamu yang menginap di dalam hotel.
c)         Sales marketing adalah department yang bertugas mempromosikan segala fasilitas tentang hotel agar hotel mendapatkan income sebanyak-banyaknya.
   Tujuan dari front office adalah sebagian berikut :
a)         Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ketahun.
b)        Meningkatkan jumlah tamu langganan.
c)         Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik , tepat dan cepat kepada tamu.
d)        Membentuk citra hotel yang positif.
2.      Food And Beverage  Service Departement, yang mengurus segala kegiatan makanan dan minuman di dalam hotel yang dikelola secara komersial. F&B juga terdiri dari dua department adalah sebagai berikut:
a)         F&B service adalah bagian departemen F&B yang melayani tamu secara langsung dan juga secara service atau pelayanan pada saat tamu makan dan minum petugas ini juga di sebut “waiter” and “waiterss” F&B service.
b)        Banguet adalah petugas yang mengatur layout dan segala kebutuhan pada tempat untuk meeting dan juga yang mempersiapkan coffe break.
Room service petugas F&B yang mengantarkan makanan dan minuman yang dipesan tamu darikamar 
   Fungsi utama dari divisi ini adalah menyediakan, menjual,dan menyajikan dengan layanan yang memuaskan kepada pelanggan.fungsi utama kitchen,yaitu:
a)         Pusat kegiatan proses bahan baku makanan di hotel.
b)        Pusat kegiatan pengelolaan makanan.
c)         Pusat kegiatan masak-memasak makanan dihotel.
d)        Tempat menghasilkan resep yang baku suatu hidangan di hotel.
e)         Alat pengukur reputasi dan image hotel, melalui pengelolaan makanan.
3.      Housekeeping Department, bertugas menjaga kebersihan seluluh bagian-bagian bangunan yang ada di hotel dan juga bertugas mengontrol linen-linen yang berada di dalam lingkungan hotel.
            secara umum HK Departement memiliki fungsi :
a)         Menjaga kebersihan.
b)        Menjaga kerapihan.
c)         Menjaga kelengkapan kamar-kamar tamu.
d)        Menjaga restorant.
e)         Bar.
f)         Tempat-tempat umum dalam hotel kecuali kitchen.
g)        Human Resource /Personal Departement. Tugas pokok HRD adalah sebagai berikut:
Ø Melakukan proses perekrutan karyawan.
Ø Melakukan pelatihan dan mengembangan karyawan.
Ø Menciptakan sistem penjaminan mutu.
Ø Menciptakan sistem mutasi, promosi, dan demosi.
Ø Membina administrasi kepegawaian.
Ø Membina sistem penggajian, insentif, dan fringe benefit.
4.      Security Departement adalah suatu department yang bertanggung jawab atas keamanan hotel secara keseluruhan. 
5.      Accouting Departement. Sebagai jantungnya perusahaan yang menyimpan dan mengelola data hasil operasi dan menyajikan dalam bentuk laporan sebagai bahan dasar untuk mengambil keputusan  manajemen.
6.      Engineering Departement.Tugasnya meliput pelaksanaan,pengawasan dan pembiayaan terhadap property operation, merawat dan memperbaiki atas segala kelengkapan fasilitas dan peralatan yang berada di dalam hotel.
7.      Recreation and sport Departement.
8.      Room boy adalah petugas yang bertanggung jawab membersihkan kamar dan juga bertanggung jawab mengontrol mini bar dalam kamar hotel dan juga mereka langsung berhubungan dengan reservation untuk memberitahukan kamar-kamar mana yang siap jual dan belum siap jual.
9.      Laundry adalah petugas yang mencuci linen-linen kotor yang berada didalam hotel, mereka juga bertugas mengontrol pemasukan dan pengeluaran linen-linen yang akan di pakai di dalam semua kegiatan.
10.  Public area (PA) adalah petugas yang membersihkan bagian-bagian seluruh bangunan yang terdapat didalam hotel mulai dari baseman hingga bagian-bagian dalam hotel yang diallui oleh tamu
11.  Gardener adalah yang bertugas memelihara semua tanaman yang terdapat di lingkungan hotel, mereka juga bias bertugas membuat mini garden yang menjadi hiasan di dalam hotel yang biasanya pada saat hari-hari besar agama atau nasional.
Jenis akomodasi yang mempergunakan seluruh atau sebagian bangunan yang menyediakan jasa penginapan, pelayanan makan dan minum, serta jasa lainnya bagi para wisatawan yang melakukan perjalanan, yang pengelolaanya dilakukan secara komersial.

4.3  Kegiatan di banquet
Di banquet kegiatan yang di lakukan adalah sebagai berikut :
1.      Ketika ada acara yang diselenggarakan seperti meeting, seminar , hut dan lain-lain. Ruangan nya di selenggarakan acara tersebut di sheet, sesuai  permintaan penyelenggaraan.
2.      Set-up dinner dan lunch
3.      Menghandle coffe break yang sedang berlangsung. Sambil mengecek the dan kopi apabila sudah habis atau belum kalau sudah habis segera di refill kembali
4.      Setelah acara selesai mengclear-up dan langsung ngatur kembali posisi semula.
4.4.       Organisasi Pelaksanaan Kerja Restaurant Departement
           Penyedian pelayanan makanan dan minuman marupakan hal yang paling penting bagi sebuah hotel di samping sarana, menginap, makan dan minum merupakan salah satu bagian besar hotel.   Sedangkan fungsinya adalah mengenal furhasing, receiving, storing, sseruing.

4.5.       Fungsi dan masalah-masalah bagian makanan dan minuman
a.    Recevling  adalah tempat di mana seluruh barang-barang kebutuhan di beli oleh hotel di periksa. Di teliti jumlah nya serta kualitasnya. Dari barang-barang tersebut tugas recevling area antara lain :
1.    Memeriksa, meneliti dan menerima barang-barang kebutuhan
2.    Slalu menjaga kualitasnya dari barang-barang tersebut
3.    Mengirim barang-barang tersebut ke gudang
b.    Production area adalah tempat di mana makanan dan minuman di siapkan dan di olah proction area ini terdiri dari pengelohan makanan ( kitchen )
c.    Restaurant adalah salah satu outlet makanan dan minuman merupakan tempat dimana tamu-tamu dapat memesan dan menikmati makanan yang di pesan nya.

4.6.       Kendala yang dihadapi f&b service  department dalam menjalankan tugas
1.        Dilihat dari segi peralatan dan dari alat-alat lain nya juga linen upplies yang merupakan penunjang di dalam  pelaksanaan oprasional dan harus lebih di perhatikan kebersihan linen supplier sehingga tidak terjadi komplen dari tamu karena kekurangan fasilitas hotel tersebut.
2.        Kurangnya rasa tanggung jawab yang dimiliki oleh petugas hotel khusus nya di bagian house keeping dan di bagian restaurant di dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari.
3.        Dilihat dari segi pegawai khususnya dari bagian department house keeping dan restaurant di resort prima sangkanhurip kuningan-jawa barat.



27
BAB IV
KESIMPULAN

5.1   Kesimpulan
             Selama 2 bulan saya melaksanakan prakerin di resort prima sangkanhurip banyak hal baru yang saya dapatkan baik itu dari segi wawasan atau pun keterampilan kerja. Ada pun beberapa kesimpulan yang dapat saya tarik dari laporan ini.
             Setelah memahami dan mengetahui arah serta tujuan pembuatan laporan prakerin ini di harapkan mendapatkan suatu gambaran tentang dunia kerja.khusus nya sikap perilaku presetatif dalam lingkungan keluarga,sekolah mau pun masyarakat.maka dapat mengembangkan pengetahuan sikap dan perilaku.

5.2   Saran
1.        Saran untuk pihak sekolah :
a.         Agar dapat mempersiapkan pelaksanaan prakerin dengan terencana secara teliti dan baik
b.         Agar selalu memperbaharui fasilitas untuk praktek sehingga dapat mendukung keberhasilan siswa dalam melakukan prakein.

2.        Saran untuk Hotel :
a.         Harus meningkatkan pelayanan terhadap tamu agar tamu merasa puas dan ingin datang kembali.
b.         Hendaknya menciptakan suasana kerja yang nyaman dengan ada nya hubungan yang baik     antar bagian.





DAFTAR PUSTAKA

Ni Wayan, dkk. 2008. Akomodasi Perhotelan Jilid II. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan

Rumekso. 2001. Housekeeping Hotel. Yogyakarta. Penerbit : Andi

Sugiarto, Endar; Sri Sulartiningrum. 1996. Pengantar Akomodasi dan Restoran. Jakarta : PT. Ikrar Mandiri Abadi

Google.com   




















LAMPIRAN

 











0 comments:

Post a Comment