Tuesday, 16 June 2015

MAKALAH BLOG 1

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat  Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan  makalah  tentang Cara Pembuatan Blog.
            Penulis menyadari, bahwa dalam penyusunan makalah   ini,masih jauh dari sempurna, di karenakan berbagai keterbatasan dan kemampuan yang ada pada penulis,untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan di masa yang akan datang.
           Akhir kata mudah-mudahan   makalah   ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan umumnya bagi pembaca sekalian. Wasallamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh.







Darmaraja,  Februari 2015

           





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR............................................................................................ i
DAFTAR ISI........................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... 1
1.1  Latar Belakang.................................................................................................. 1
1.2 Rumusan masalahan........................................................................................... 2
1.3 Tujuan Penulisan................................................................................................ 2
1.4 Metodologi  Pembahasan .................................................................................. 2
1.5 Sistematika  Pembahasan................................................................................... 3
BAB II PEMBAHASAN....................................................................................... 4
2.1 Definisi Blog...................................................................................................... 4
2.2 Fungsi dan Manfaat Penggunaan Blog.............................................................. 7
2.3 Macam-macam Blog.......................................................................................... 9
2.4 Keunggulan Penyedia Layanan Blog Wordpred.com....................................... 11
2.5 Langkah-langkah Membuat Situs Blog Wordpress.com................................... 14
BAB III PENUTUP................................................................................................ 16
KESIMPULAN....................................................................................................... 16
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 18

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 .Latar Belakang
Sumber informasi yang diminati dewasa ini adalah internet. Jaringan komputer dibelahan Penggunaan jasa layanan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Manfaat internet sebagai salah satu solusi untuk mengefisienkan berbagai kepentingan telah dirasakan oleh banyak kalangan.
Dilihat dari kondisi tersebut berkembang pula teknologi internet. Salah satunya adalah blog dimana denagn blog kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar. Dan dapat digunakan ajang untuk berbisnis.

1.2  Permasalahan
Dalam makalah ini ada beberapa permasalahan yang akan dibahas antara lain :
1. Pengertian dan sejarah Blog
2. Cara Pembuatan Blog bagi pemula
3. Memodifikasi Blog
1.3 Tujuan 
Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah:
1.      Untuk memenuhi tugas matakuliah Komputerisasi Akuntansi
2.      Menambah wawasan penulis khususnya dan masyarakat umumnya tentang Teknologi Internet
1.4 . Metodelogi Makalah
Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan sistem daftar pustaka yakni dengan mencari informasi melalui media cetak maupun media elektronik (browsing internet).
1.5  .Sistematika Makalah
Rancangan sistematika makalah ini terdiri atas beberapa bab yang akan dirinci sebagai berikut :
BAB I : Pendahuluan
Berisi mengenai latar belakang, batasan masalah, tujuan penulisan, dan metodologi pembahasan.
BAB II : Pembuatan dan Modifikasi blog
BAB III  : Penutup (Kesimpulan dan Saran)
Daftar Pustaka















BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Sejarah  Blog
Blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakuisisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai banyak fungsi, tergantung dari tujuan pemilik blog tersebut, blog bisa dijadikan sebuah catatan harian online, media berbagi informasi, media untuk menawarkan/menjual suatu produk, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan, dan lain sebagainya. 
Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

2.2   Definisi Blog
            Secara etimologi,Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997.Weblog sendiri merupakan singkatan dari “Logging The Web”.Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar komentar mereka sendiri dijurnal online mereka.
  Menurut wikipedia yang berbahasa Indonesia,Web log atau singkatnya Blog, adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik,meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
            Definisi Blog Versi Bloggingly Blog adalah website dengan konten (konten bisa berupa teks, gambar, link, audio atau video) yang di-update secara berkala serta mewakili dan berdasarkan sudut pandang ‘karakter’ tertentu yang menjadikan kontennya khas (umumnya menggunakan sudut pandang personal). Standarnya, konten blog diurutkan secara kronologis terbalik (konten baru di depan, konten lama di belakang) dan dapat dikomentari.
  Definisi blog menurut Labibah Zain, Pendiri Blogger Family dalam tulisan berjudul Potret Pergaulan Era Global yang dimuat di Harian Kompas tanggal 2 Mei 2005: WEB dan log (weblog) adalah media dimana pemiliknya menuliskan catatan pengalaman pribadi, opini berupa tulisan maupun gambar yang bisa terus diperbarui dan diakses melalui internet. Pemilik weblog-disebut weblogger-bebas mencurahkan pemikiran baik berupa tulisan maupun gambar di situ, melengkapi dengan desain yang diingini dan melengkapinya dengan fasilitas yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pemilik dan pengunjung weblog-nya.
  Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman“What’s New”pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
              Bulan Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
  Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
  Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan catatan perjalanan seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar cerdas mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.
              Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri.
              Seiring dengan perkembangn weblog dari waktu ke waktu,pengertian weblog akan berkembang seiring dengan ide-ide dan kemauan para Blogger.
              Blogger adalah para pembuat Blog. Dimana, melalui blog yang dibuat oleh blogger, kpribadian blogger menjadi lebih mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.
Dari definisi-definisi diatas kita dapat menyimpulkan bahwa :
1.      Blog itu berasal dari kata weblog
2.      Memiliki postingan-postingan yang berupa catatan harian sampai dengan media publikasi
3.      Dan setiap postingan-postingan tersebut terdapat komentar dari para pembacanya 4. Bersifat    kurang formil (maksudnya ada sedikit becanda2nya)
4.      Bersifat umum (setiap orang dapat membacanya)
5.      Merupakan suatu komunitas
6.      Blog menggambarkan pemiliknya (jadi bisa dikatakan kalo bahwa blog itu adalah diri kita di dunia cyber ini).

Beberapa website yang memberikan layanan weblog bagi anggotanya:
1.      Blogger atau Blogspot (http://www.blogger.com)
2.      Blogdrive (http://www.blogdrive.com)
3.      WordPress.com (http://www.wordpress.com)
4.      Blogsome (http://www.blogsome.com)
5.      Edublogs.org (http://www.edublogs.org)
6.      Efx2.com(http://www.efx2.com)
7.      Multiply(http://www.multiply.com)

PersyaratanMembuat Blog
Ø  E-mail, Sebelum membuat blog kita harus mempunyai account Email yang aktif, bisa dari Yahoo.com, gmail.com, foxmail.com, hotmail.com,Plasa.com,Telkom.net, dan lain-lain. Bila belum punya Email,silakan daftar terlebih dahulu.
Ø  Koneksi Internet, Untuk membuat blog dibutuhkan koneksi internet,bisa dikerjakan di rumah sendiri menggunakan telkomnet instan, atau di warnet terdekat.

2.3. Fungsi dan Manfaat Penggunaan Blog

            Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian sampai dengan media publikasi dalam sebuah kampanye politik, program-program media dan korporasi. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya,yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non interaktif.
Berikut ini merupakan fungsi Blog secara garis besarnya yaitu sebagai berikut.
1.      Blog sebagai media searah: Bentuk ini hanya memaparkan pengalaman hidup penulis,atau satu nukilan, semata-mata hanya suka-suka saja, kemudian menutup ruang komen bagi pembaca.
2.      Blog sebagai media dua arah:Bentuk ini serupa seperti yang pertama,hanya saja dengan cara ini, mampu memberi peluang kepada pembaca untuk memberi komen serta mengenali penulis seterusnya menjalin persahabatan melalui blog itu.
3.      Blog sebagai media berbagai Tujuan:Bentuk ini pun hanya memiliki perbedaan tipis dengan dua bentuk diatas, jika keduanya hanya di buat dengan seadanya, yang ini di buat dengan tujuan tertentu. Diantaranya sebagai maklumat dan pendidikan, promosi barang jualan, dan pengiklanan.
4.      Maklumat dan Pendidikan:Blog jenis ini hanya boleh di buat oleh penulis yang berpendidikan ataupun yang mempunyai pengalamannya sendiri.
5.      Promosi barang/jualan :Blog jenis ini sekiranya kita tidak mampu membuatnya kita boleh mengupah orang lain, yang penting kita ada barang sendiri atau pun mengedarkan barangan orang lain yang ingin kita pasarkan.

Blog menjadi fenomena belakangan ini. Beberapa alasan yang mendasarinya adalah:
1.      PublishableAnda dapat langsung mem-posting berita. Mudah, murah, dan dapat dibaca di mana pun.
2.      FindableMudah ditemukan lewat situs pencari, berdasarkan subjek, nama penulis, atau keduanya. Makin tambun suatu blog, makin digemari.
3.      SocialBlogosphere cirinya adalah cuap-cuap.Percakapan yang menarik berdasarkan topik beralih dari suatu situs ke situs web, nge-link dari suatu link ke link lain. Melalui blog, mereka yang memiliki minat yang sama dapat membangun network atau berita lintas geografi.
4.      ViralInformasi menyebar lebih cepat melalui blog dibanding news
service. Saat ini tak ada viral marketing yang dapat menyetarakan kecepatan dan efisiensi suatu blog.
5.      SyndicatableContent yang kaya mudah disindikasikan oleh siapa saja.
Bayangkan dunia penuh dengan orang pandai, dan, lewat media blog,
ribuan informasi yang tersebar dapat didapat.
6.      LinkableSetiap blog nge-link ke yang lain, memiliki akses ke puluhan
juta orang yang mengunjungi blogosphere setiap hari yang bercirikan
      komunikasi internet dua arah. Media blog itu bak supermarket tabloid.
            Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktifitas, informasi dan opini yang sangat besar mengerupsi beberapa subyek atau sangat kontroversi dalam blogoshpere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
            Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan catatan perjalanan seseorang di Internet, yaitu link ke website yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar mereka,pendapat-pendapat pribadi dan bahkan mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.

            Dari komentar-komentar tadi biasanya Blog kemudian menjadi jendela yang memungkinkan kita mengintip isi kepala dan kehidupan sehari-hari dari penciptanya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai, apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari Blog-nya. Karena itu Blog bersifat sangat personal.
  Karena semakin banyaknya pengguna fasilitas blog dan seringnya para pengguna blog yang sering berkunjung ke blog lain, maka lazim dibentuk sebuah organisasi atau komunitas kumpulan blogger.
              Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika kemudian Blog bahkan tidak lagi memuat link-link tapi hanya berupa tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan seharihari.Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet.Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasakita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain. Para Blogger dengan sengaja mendesain Blog-nya dan isinya untuk dinikmati orang lain.

2.4. Macam – macam Blog
A. Macam-macam blog secara umum adalah sebagai berikut:
1.      Blog pribadi, blog ini adalah blog yang paling populer yang digunakan
agar seseorang bisa tampil dan menjalin berhubungan di internet.
2.      Blog budaya, berdiskusi tentang musik, seni, teater, dan berbagai budaya populer lainnya.
3.      Blog topikal, fokus pada topik-topik tertentu. Bisa yang sedang hangat atau biang tertentu.
4.      Blog bisnis, biasanya membicarakan tentang pasar saham dan berbagi topik bisnis lainnya.
5.      Blog ilmu pengetahuan, biasanya digunakan untuk medistribusikan data dan informasi.
6.      Mobile Blog, blog yang biasa digunakan untuk membicarakan tentang perangkat bergerak (mobile).
7.      Blog kolaboratif, blog jenis ini adalah untuk melakukan kerja bareng dengan orang lain. Setiap ide, perkembangan, masalah dan berbagai hal yang berhubungan dengan kerja bareng di tulis di blog kolaboratif.
8.      Blog penjualan, Anda bisa menjual berbagai produk melalui blog Silahkan tawarkan produk Anda pada blog Anda sendiri asal jangan
blog orang lain.
9.      Forum Blog, bisa digunakan menjadi forum di internet. Ini bisa menggantikan peran forum yang selama ini kita gunakan. Meskipun
demikian, forum yang biasa memiliki fitur yang lebih baik dari pada
blog
10.  Direktori Blog, ini adalah blog yang digunakan sebagai direktori blog blog yang ada.
11.  Blog Dakwah,blog yang membicarakan tentang islam, baik itu tausiyah , tafsir ayat atau hadist, cerita hikmah, peringatan, anjuran, dan lain sebagainya. Yang pada intinya mengajak manusia kepada jalan yang lurus (islam).






B. Dilihat berdasarkan penulisnya blog, macam – macam blog dapat
    dibedakan atas :

1. Blog Personal
Blog personal dikelola oleh perseorangan atau pribadi. Blog personal biasanya berisikan hal-hal yang menarik perhatian si blogger dan kemudian dikomentari oleh si pembaca blog tersebut yang biasanya juga orang-orang tersekat si blogger juga.

2. Blog Corporate
Blog corporate dibuat berdasarkan tujuan bisnis. Biasanya dilakukan oleh  erusahaan-perusahaan tertentu dengan tujuan membentuk brand, komunitas dengan pelanggan, atau kegiatan PR.
  C.     Berdasarkan media yang digunakan blog dibedakan atas :
1.      Blog yang terdiri atas kumpulan video, disebut vlog.
2.      Blog yang terdiri atas kumpulan link, disebut linklog.
3.      Blog yang terdiri atas kumpulan foto, disebut photolog.
4.      Blog yang terdiri atas kumpulan artikel dan menggunakan media campuran, disebut tumblelog.

D. Berdasarkan topik yang dibahas dalam blog, dibedakan atas :
1. Blog politik
2. Blog ekonomi
3. Blog fashion
4. Blog pendidikan
5. Blog spam

2.5. Keunggulan Penyedia Layanan Blog Wordpress.com

            Sebenarnya Wordpress itu ada dua tipe. Pertama adalah yang ada di Wordpress.com yang kapasitasnya sekitar 50 MB. Untuk mendapatkannya Anda cukup sign up ke Wordpress.com dan mengikuti langkah-langkah yang ada. Cukup mudah dan cepat. Selain Wordpress.com ada pula yang beralamatkan di Wordpress.org.
  Untuk mendapatkannya, Anda harus mendownload terlebih dahulu baru kemudian melakukan instalasi di web server yang Anda miliki. Kapasitasnya tergantung seberapa besar web hosting yang Anda sewa. Antara yang pertama dan kedua ada perbedaan yang amat mencolok yaitu disisi kustomisasi. Di Wordpress.com, Anda tak bisa mengedit theme yang Anda gunakan karena emang di sana tak disediakan fasilitas theme editor sebagaimana kalau Anda menginstall Wordpress di web server Anda sendiri.
              Selain itu, Anda pun tak bisa menambahkan aneka plugin sebagai pelengkap sebab Wordpress.com juga tak menyertakan plugin editor dan fasilitas untuk meng-upload plugin yang ada di internet. Fasilitas yang ada di Wordpress secara umum sudah lumayan lengkap.
 Ada fasilitas upload file (pdf, doc, file gambar, exe dll), penggantian bentuk link, pembuatan blogroll, penggantian theme/plugin, multi user dan sebagainya. Satu lagi yang unik dari Wordpress adalah ketika kita sudah login di account Wordpress, maka ketika kita akan memberikan komentar ke blog orang lain yang memakai Wordpress juga, kita tak perlu menuliskan nama, alamat blog dan email karena udah otomatis sehingga menghemat waktu.
             Berdasarkan keterangan tertulis WordPress yang dikutip detikINET, Sabtu (30/1/2010), berikut adalah 8 keungulan WordPress yang paling dijagokan yaitu:
1. Berbasis Open Source
WordPress ini berbasis Open Source, sehingga bisa didapatkan secara gratis dan dapat dikembangkan siapa saja.

2. Kustomisasi
WordPress memiliki keunggulan dalam hal Content Management System (CMS). Hal ini memudahkan pengguna untuk menambahkan dan mengubah isi dari situs maupun blog, sesuai kebutuhan.


3.  Plugin
 Dukungan plugin ini sangat bervariasi, dari mulai pemblokir Spam seperti Akismet, pengatur komentar seperti Intense Debate, pembuat pooling seperti Pool Daddy, sampai dengan keamanan, pembuat forum, dan plugin untuk e-commerce.

4. Themes
 WordPress memiliki theme yang sangat banyak, sehingga menyediakan tampilan sesuai dengan yang pengguna butuhkan.

5. Search Engine
   WordPress memiliki struktur dan sistem yang mudah dikenali oeh mesin pencari seperti Google dan Yahoo.

6. Dukungan, Perawatan dan BackUp
    WordPress didukung oleh perusahaan besar dengan  mengedepankan kemudahan penguna untuk melakukan perawatan dan backup.

7. Riset dan Pengembangan Berkelanjutan
 WordPress melakukan pengembangan terus menerus untuk mencapai kesempurnaan yang dilakukan para developernya.

8. Dukungan Komunitas
    Dengan adanya WordCamp yang merupakan kopi darat berkumpulnya penggiat WordPress dari berbagai belahan dunia, WordPress pun semakin kuat pengembangannya.
Kelebihan wordpress.com dibandingkan dengan penyedia situs blog
lainnya antara lain yaitu :
a)      Untuk pemula, WordPress memang sangat cocok dikarenakan fitur yang mudah dan dengan widget yang mungkin lebih lengkap seperti statistik blog,akismet ( pemblock spam ) yang tidak di temui di blogspot,mungkin ada yang lain, komentar terakhir, favicon, pengaturan gavatar, yang begitu mudah. tapi sekarang blogspot yang begitu mudahnya mengganti themanya dan sekarang banyak sekali yang menyediakan thema blogspot yang sudah dimodifikasi dan begitu bagus, juga sepertinya patut di pertimbangkan.
b)      Comment friendly: pengunjung mudah berkomentar karena kotak komentar langsung terbuka di bawah posting. Bagi Anda yang suka dikomentarin, wordpress cocok untuk Anda. Sekarangpun sebenarnya juga sudah ada thema dari blogspot yang kolom komentarnya di bawah postingan, akan tetapi memang kalau masalah komentar WP lebih jago.
c)      Posting terbaru akan muncul beberapa saat di Dashboard (Menu Utama, dibagian bawah) seluruh pemakai wordpress.com, apabila posting Anda cukup menarik Anda juga berkesempatan masuk BOTD (best of the day) yakni 10 posting terbaik hari itu dan akan muncul selama sehari di Menu Utama (Dashboard) seluruh pemakai wordpress.com. Untuk BOTD ini diklasifikasi berdasar bahasa. Pastikan
d)       Anda memilih Bahasa Indonesia pada saat mendaftar.
e)        Thema yang disediakan banyak. Kita tinggal milih saja sesuai selera kita

2.6. Langkah – langkah Membuat Situs BlogWordpress.com
A. Membuat Situs Blog Wordpress.com
1. Klik/buka id.wordpress.com (Blog Bahasa Indonesia) atau en.wordpress.com (Blog in English Version)Isilah Form Pendaftaran Gratis (Blog Bahasa Indonesia)
     Nama Pengguna : isilah nama blog yang Anda inginkan (paling sedikit 4 huruf/angka). Contoh : nusantaranews atau pemuda1989 [catatan: tidak boleh spasi, hanya boleh huruf dan angka]
Kata Sandi : pilih sandi/pin/password (paling sedikit 6 huruf/angka)
Konfirmasi : ketik kembali sandi/pin/password di atas
Email Address : isilah alamat email Anda (pastikan Anda memiliki email yang valid)
     Legal flotsam : beri tanda centang padakotak yang tersedia sebagai tanda setuju dengan syarat dan ketentuan WordPress.
     o Beri tanda titik pada kotak tersedia “
     Berikan aku blog!
     (Seperti namauser.wordpress.com)”
2. Pada bagian kiri bawah, klik Berikutnya
3. Pada halaman selanjutnya, akan muncul tampilan
    o Nama Domain
    o Jika nama usernya tepat, maka nama tersebut menjadi domain blog kamu. Misalnya yang dipilih adalah pemuda1989, maka domainnya adalah pemuda1989.wordpress.com
   o  Jika nama usernya sudah digunakan oleh orang lain, maka akan muncul peringatan “Maaf, blog tersebut sudah ada!” . Maka ketiklah nama blog lainnya, lalu klik signup. Misalnya nusantaranews sudah digunakan, lalu gntila/tambahkan frasa ku misalnya menjadi nusantara1989
o     Judul Blog : Anda dapat menggantikan Judul blog seperti Nusantaranews – Informasi, Fakta dan Opini
o     Bahasa : Pilihlah Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang akan
      Anda gunakan dalam menulis
o     Privasi : Pastikan ada tanda titik pada kotak (biasanya sudah ada secara otomatis).
4.  Klik Sign Up
5. Dan pada halaman berikutnya, akan akan tampilan yang meminta Anda mengecek email untuk menyelesaikan proses registrasi ( Check Your Email to Complete Registration)
6.  Selanjutnya, bukalah email Anda, dan ada pesan yang masuk (biasanya cuman beberapa detik) dari WordPress. Pada pesan tersebut, kliklah link link yang berwarna biru
7. Dengan mengklik link biru tersebut, berarti Anda sudah memiliki
    blog pribadi. Selamat!
Cara Login WordPress
Sebelum Anda dapat menulis pertama-tama adalah Anda harus login dulu dengan account baru Anda. Misalnya account Anda adalah namaAnda.wordpress.com atau nusantaranews.wordpress.com, maka ada dua cara login:
a)      Bukalah http://namaAnda.wordpress.com/wp-login.php atau http://nusantaranews.wordpress.com/wp-login.php Ada dua kotak, pertama Masukkan nama user/pengguna Anda pada bagian atas dan isi kata sandi/pin/password Anda di kotak bagian bawah.
Setelah itu, beberapa saat Anda akan melihat tampilan dalam/internal blog
     Anda.
2.  Cara kedua (lebih lambat) adalah dengan masuk ke situs Word Press       terlebih dahulu.
1. Masuklah ke http://id.wordpress.com/
2. Masukkanlah nama pengguna dan kata sandi
3. Kliklah nama blog Anda tersebut, dan beberapa saat Anda akan
melihat tampilan Blog Anda




















BAB III
PENUTUP

3.1   KESIMPULAN

Jika Kita ingin membuat website pribadi (blog)  diinternet tidak harus mengerti bahasa pemrograman web yang cukup rumit, karena blog bisa dibuat dengan menggunakan editor yang sudah disesuaikan dengan browser internet. Situs penyedia layanan blog sudah menyediakan berbagai layanan untuk menupdate data, memasukkan gambar membuat link-link kesitus lain dengan mudah dan bisa dipelajari oleh siapapun yang bisa mengoperasikan computer dan berinternet


3.2  SARAN
1.      Jangan Malu jika kita ingin mencoba hal yang baru, seperti membuat blog.
2.      Ciptakan blog sesuai dengan imajinasi anda masing-masing tanpa harus mengikuti orang lain.
3.      Manfaatkan semaksimal mungkin tekhnologi informasi yang canggih seperti ini.












DAFTAR PUSTAKA








0 comments:

Post a Comment