|
PERANAN
PRAKERIN TERHADAP PELAYANAN FB SERVICE DEPARTEMENT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN
TAMU DI RESORT PRIMA SANGKANHURIP
Laporan
Parkerin
Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas Akhir Parkerin
Siswa
Kelas XI – Pariwisata SMK Multiguna Darmaraja
Oleh
Nama
: SATYA
NIS
: 9970726406
Kelas
: XI – AP
AKOMODASI
PERHOTELAN
SMK SATYA DARMARAJA SUMEDANG
Jln.
Raya Sumedang – Wado Km 20
2014/2015
LEMBAR
PENGESAHAN
LAPORAN
PARKERIN
Laporan parkerin ini
telah disetujui dan disahkan pada :
Hari : ………………………………………………………………..
Tanggal : …………………………………………………………………
Disetujui oleh :
Pembimbing; Wali
Kelas;
................................. ........................................
Mengetahui
Kepala
Sekolah SMK Satya
Drs.
H. EWIJAYA, M.MPd
MOTTO DAN PERSEMBAHAN
·
Halangan adalah penyemangat untuk meraih
semua kesuksesan
·
Nasehat yang baik terkadang sangat
menyakitkan
·
Kegagalan hanya terjadi bila kita
menyerah
Kupersembahkan
:
·
Kedua orng tua yang tersayang
·
Teman – teman yang terbaik
·
Semua pembaca laporan ini
1
|
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis
panjatkan kehadirat tuhan yang maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan leporan ini dengan baik dan
sebagai bukti bahwa penulis melaksanakan praktek kerja industry (PARKERIN).
Praktek kerja industry
sendiri kegiatan yang bersifat wajib untuk setiap siswa semester dua SMK
Multiguna sebagai salah satu syarat untuk melanjutkan kesemester selanjutnya.
Serta sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban penulis dalam menjalani
tugas kerja selama mengikuti Parkerin. Praktek kerja industry merupakan
kegiatan siswa/siswi yang dilaksanakan minimal dua bulan disuatu perusaan yang sesuai dengan masing-masing jurusan.
Penulis ucapkan terimakasih kepada :
1.
Bapak Drs. H. Wijaya, M.M.Pd selaku
kepala sekolah SMK Satya
2.
Ibu imasti, S.Pd selaku wali
kelas XI Pariwisata
3.
Ibu Lilis , S.E selaku guru
pembingbing
4.
Bapak Surya selaku pembingbing FB
service di Resort Prima Sangkanhurip
5.
Kedua orang tua yang telah mendukung
secara moril dan materil
6.
Serta teman-teman yang sama-sama
melakukan Parkerin
Semoga laporan ini
dapat berguna bagi semua. Baik penulis sendiri dan para pembaca pada umumnya
Sumedang,
Maret 2015
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
MOTTO DAN KUPERSEMBAHKAN
KATA PENGANTAR ………………………………………………. i
DAFTAR ISI ………………………………………………………… ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang…………………………………………… 1
1.2
Batasan
Masalah…………………………………………. 1
1.3
Rumusan
Masalah………………………………………… 1
1.4
Tujuan Prakerin…………………………………………… 2
1.5
Lokasi Dan
Tempat Pelaksanaan Prakerin……………….. 2
1.6
Metodelogi
Penelitian…………………………………….. 2
1.7
Sistematika
Penulisan…………………………………….. 3
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Food And Beverage Department……..………. 4
2.1.1 Tujuan Food And Beverage
Department……..…….. 4
2.2.2 Fungsi F&B Department……….…………...….…… 4
2.2. Ruang Lingkup Restaurant F&B Service
Department……. 5
2.3. Tugas Dan Tanggung Jawab F&B Service………………... 5
2.4. Hubungan F&B Service Department lain…..……..………. 6
2.5. Kepuasan Pelanggan ……………………………………… 7
2.5.1. Pengertian Kepuasan ……………………………….. 7
2.5.2. Pengukuran Kepuasan Pelanggan …………………… 8
2.5.3. Faktor-Faktor Timbuknya Ketidak Puasan
Pelanggan.. 9
2.5.4. Strategi Kepuasan Pelanggan ………………………… 9
BAB III GAMBARAN UMUM
3.1 Sejarah
Resort Prima Sangkanhurip………………….….. 11
3.2 Visi dan
Misi…………………………………………...... 11
3.3
Fasilitas-fasilitas kamar yang ada di
Resort Prima Sangkanhurip ………………………………. 12
3.4 Jenis dan
Fasilitas Kamar yang ada di Resort Prima
Sangkanhurip
……………………………………………… 13
3.5 Struktur
Organisasi Resort Prima Sangkanhurip ………...... 20
3.6
Departemen Di Resort Prima Sangkanhurip ………………. 21
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASA
4.1 Struktur
Organisasi Hotel …………………………………. 22
4.2 Lingkup
Pekerjaan Setiap Department ……………………. 22
4.3 Kegiatan
Di Banquet ……………………………………… 25
4.4
Organisasi pelaksanaan Kerja Restaurant Department ……. 26
4.5 Fungsi
dan Masalah-masalah bagian makanan dan
Minuman
………………………………………………… 26
4.6 Kendala
yang di hadapi F&B Service.
Department
dalam menjalankan tugas…………………….. 26
BAB
V KESIMPULAN
5.1 Kesimpulan ……………………………………………….. 27
5.2 Saran ……………………………………………………… 27
DAFTAR PUSAKA
LAMPIRAN
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Dewasa
ini masalah kepariwisataan adalah merupakan suatu hal yang tidak asing lagi
bagi Negara kita, bahkan juga di setiap Negara yang ada di dunia, hal ini di
sebabkan dunia kepariwisataan saat ini
adalah salah satu devisa di luar non migas, yang nantinya dapat menunjang
perekonimian suatu Negara.
Di
Negara Indonesia khususnya di jawa barat pada umumnya merupakan salah satu
tujuan tempat kunjungan wisatawan yang datang berkunjung ke Indonesia oleh
wisatawan local maupun internasional, oleh sebab itu pemerintah mendirikan
sekolah-sekolah kepariwisataan yang mendidik tenaga terampil dalam dunianya
yang akan terjun langsung mengikatnya mutu pelayanan kepada para wisatawan.
Hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh
bagian bangunannya untuk menyediakan layanan, pengembangan pariwisata ini tentu
saja dapat memperluas lapangan kerja dan lapangan usaha , mendorong pembangunan
daerah dan meningkatkan kegiatan ekonomi.
1.2. Batasan Masalah
Mengingat begitu bayak materi yang
akan di bahas dalam masalah ini maka penulis akan membatasi berkisar pada judul
“peranan prakerin terhadap pelayanan F&B service department dalam
meningkatkan kepuasan tamu di resort prima sangkanhurip.
1.3. Rumusan Masalah
1.
Bagaimana organisasi dan pelayanan kerja
F&B department?
2.
Bagaimana kegiatan di bagian room
service ?
3.
Bagaimana kegiatan di banquete?
4.
Bagaimana kendala yang dihadapi F&B
department ?
5.
Bagaimana peranan F&B service dalam
membersihkan restoran?
1.4.
Tujuan
Prakerin
Adapun tujuan pembuatan laporan prakerin adalah
sebagai berikut :
1.
Sebagai salah satu syarat dalam menempuh
ujian nasional (UN) tahun pelajaran 2014/2015 Smk Multiguna Darmaraja;
2.
Sebagai upaya dalam mengembangkan
pribadi dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya;
3.
Mengembangkan rasa tanggungjawab
terhadap profesi yang akan dijalani dimasa yang akan dating;
4.
Untuk mengembangkan ilmu pengetahuan
yang penulis peroleh dari sekolah dan hotel resort prima sangkanhurip untuk
dijadikan acuan dalam menghadapi dunia kerja;
5.
Mengetahui secara langsung cara kerja
food ana beverge department di rfesort prima sangkan hurip
1.5. Lokasi dan tempat pelaksanaan
prakerin
Praktek kerja industri telah
dilaksanakan selama 2 bulan dari tanggal 05 januari 2015 sampai tanggal 26
pebuari 2015 penulis mendapatkan kesempatan melaksanakan prakerin ini bagian
food and beverge departement .
1.6. Metedeologi Penelitian
1.
Penelitian lapangan (Fieled research)
Merupakan metode penelitian yang
dilakukan kelapangan, yaitu Resort prima sangkanhurip kuningan. Di dalam
fieled research iniu penulis melakukan
berbagai bagian cara, antara lain :
a.
Interview (Wawancara) yaitu peruses
komunikasi pengumpulan data dengan koresponden, dalam hal ini penulis
mengadakan wawancara secara langsung dengan karyawan, pimpinan, dan staf bagian
F&B Service department pada saat melakukan prakerin di resort prima sangkan
hurip.
b.
Observasi, Yaitu cara mengumpulan data
dengan cara melakukan pengamatan meneliti kejadian yang sedang berlangsung.
Dalam hal ini penulis melakukan pengamatan terhadap kegiatan F&B Service
department
2.
Penelitian kepustakaan (Libray Research)
Suatu usaha dalam pendapatan data
yang di p;erlukan melalui buku, dokumen-dokumen dan laporan tertulis dari hotel
tempat penulis melakukan prakerin dilapangan, selain itu dilakukan penyaringan
data yang relevan dengan materi pembahasan.
1.7.
Sistematika
Penulisan
Sistematika penulisan ini dimagsud
agar dapat memberikan gambaran secara ringkas mengenai materi secara
keseluruhan dalam penulisan ini penyusun menguraikan bagian-bagian yang akan di
bahas kedalam lima bab sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN.
BAB II LANDASAN TEORI.
BAB III GAMBARAN UMUM RESORT PRIMA SANGKANHURIP.
BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN.
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
|
4
|
LANDASAN TEORI
2.1. Pengertian Food and Beverage
F&B Departemen adalah suau
depertemen keberadaannya merupakan salah satu sumber pendapatan bagi hotel yang
bersangkutan dan bertanggung jawab atas pelayanan makanan dan minuman. F&B
dtepartemen dibagi menjadi 2 Yaitu :
a.
F&B PRODUCT
F&B Product adalah suatu otlet yang bertugas
dalam bertanggung jawab atas pengelolaan makanan
b.
F&B SERVICE
F&B srevice adalah salah satu oylet yang
menyajikan makanan dan minuman pada tamu yang dbuat oleh F&B product.
2.1.1 Tujuan Food & Beverage Departement
a.
Menjual makanan dan minuman
sebanyak-banyaknya dengan harga yang sesuai.
b.
Memberikan pelayanan sebaik mungkin pada
tamu sehingga tamu merasa puas hal ini menyangkut mutu pelayanan. Mutu makanan
dam minuman, sikaf karyawan, dekorasi ruangan dan peralatan yang dipakai harus
melaliu syarat sanitasi.
2.1.2 Fungsi
F&B Departement
Fungsi F&B depertement adalah sebagai sarana
yang harus ada di hotel yang keberadaannya sebagai salah satu sumber pendapatan
bagi hotel yang bersangkutan.
2.2.
Ruang Lingkup Restaurant F&B
Service Departement
1.
Fursacing atau bagian pembeli yang
bertugas untuk menangani, mengadakan barang-barang di hotel.
2.
Recevling atau bagian penerimaan barang
adalah yang bertanggung jawab atas penerimaan barabg-barang yang masuk harus
diperiksa dengan teliti.
3.
Storing atau bagian penyimpanan setelah
barang-barang yang di pesan selesai diperiksa maka harus segera dimasukan kedalam
gudang. Bagian barang ini harus membeli secara umum gudang-gudang dapat
diklasifikasi kan menjadi 2 jenis, yaitu :
a.
Gudang umum adalah menyimpan barang
hotel yang diminta atau di pesan oleh masing-masing bagian secara perode
b.
Gudang untuk kebutuhan sehari-hari
adalah gudang yang khusus untuk makanan dan minuman yang dibutuhkan untuk
keperluan sehari-hari.
4.
Producing adalah bertugas mengolah
makanan atau bagian dapur yang mempunyai tugas menyiapkan dan mengolah makanan
5.
Restaurant adalah salah satu outlet dari
bagian makanan dan minuman kepada tamu-tamu di hotel.
2.3.
Tugas Dan Tanggung Jawab F&B
Service
Diantaranya
:
a.
Morning
·
Mempersiapkan restaurant untuk tamu
breakfast
·
Membuka look book untuk setor pada
manager hotel
·
Menyiapkan air putih di ruang manager
&accounting
·
Melayani tamu breakfast mulaui dari
menunggu tamu dating,menyambut tamu, mendudukan tamu, melakukan taking order,
clear up
·
Membersihkan alat-alat sepeti
cutlerys,china wares
·
Membersihkan restaurant&menyiapkan
set-up dan lunch
·
Membuat bill breakfast
·
Over handle kepada shift sore
b.
Evening
·
Menyiapkan gelas-gelas minuman
kopi&the
·
Mempersilahkan tempat
kerja&restaurant menyiapkan set-up dan dinner
·
Melayani atternoon tea
·
Melanjutkan biling morning shift
·
Melayani tamu dinner
·
Membuat bill dinner
·
Mempersiapakan alat-alat untuk breakfast
besok hari seperti cut lerys, china wares,kopi dan lain-lain
·
Menutup restaurant
2.4.
Hubungan F&B Service
Departement lain
Diantaranya
:
a.
Front Office Departement : kerja sama
ini sangat diperlukan terutama dalam pembemberian keterangan tentang tamu-tamu
hotel misalnya: jumlah tamu, kamar-kamar yang terpakai, tamu yang
masuk&keluar,disamping itu juga memberikan pesanan khusus seperti,
tamu-tamu penting, ( VIP Guest ) pemberian sesuatu dari pihak hotel kepada tamu
tertentu ( complement ).
b.
Housekeeping Departement : disini lebih
banyak menyangkut soal keberhasilan & pengadaan peralatan pada umum nya,
housekeeping bertanggung jawab dalam membersihkan lantai, pintu, jendela
restaurant, ( bar termasuk juga dalam penyedian pakain dinas pegawai, linen,
taplak meja, lap dan bunga ).
c.
Accounting Departement : kerja sama ini
sangat sekali dalam menangani & membuat laporan tentang hasil penjualan
makanan & minuman di restaurant & bar. Dalam hal pengawsan bahan
makanan &minuman yang di produksi, memerlukan kerja sama yang teratur &
baik disamping itu kerja sama& saling pengertian ini ini juga di perlukan
dalam pembayaran terhadap bahan-bahan makanan & minuman kepada para penjual
dan juga dalam ketepatan pembayan gaji
d.
Engineering Departement : demi
kelancaran jalanya oprasi perbaikan atas perabot ( furniture ) restaurant &
bar adalah sangat perlu disamping itu pengadaan & pengawasan atau peralatan
listrik yang digunakan baik di restaurant, bar dan dapur harus dilaksanakan dengan
baik, sehingga dapat beroprasi semestinya.
2.5.
Kepuasan
Pelanggan
2.5.1. Pengertian Kepuasan
Fandy
Tjiptono mengemukakan bahwa :
“Kepuasan
adalah suatu perasaan yang dimiliki ketika seseorang dapat mencapai sesuatu
atau ketika sesuatu yang diinginkan untuk terjadi telah terjadi.” (Service
Management, hal. 146)
“Kepuasan
merupakan suatu perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah
membandingkan antara persepsinya terhadap kinerja atau hasil dari suatu produk
dan harapan-harapannya (Service Management, 112).
Ada kesamaan dari definisi diatas, yaitu menyangkut kepuasan pelanggan (harapan
dan hasil yang dirasakan). Umumnya harapan pelanggan merupakan perkiraan atau
keyakinan pelanggan tentang apa yang diterimanya bila membeli atau mengkonsumsi
suatu produk (barang dan jasa). Sedangkan kinerja yang dirasakan merupakan
persepsi pelanggan terhadap apa yang diterima setelah mengkonsumsi produk yang
dibeli.
Menurut Fandy Tjiptono (2001) dalam Julita (2001) mengemukakan
bahwa :
“
kepuasan pelanggan merupakan evaluasi purnabeli dimana alternatif dipilih
sekurang-kurangnya memberi hasil yang sama atau melampaui harapan pelanggan,
sedangkan ketidakpuasan pelanggan timbul ketika hasil (outcome)yang tidak sesuai
dengan harapan. Secara konseptual, kepuasan konsumen dapat digambarkan”(Strategi
Pemasaran,hal 122 )
Hal
ini sesuai dengan yang dikatakan Philip Kotler (1993) dalam Saraswati (2008)
yang menyatakan kunci untuk mempertahankan pelanggan adalah kepuasan pelanggan.
Pelanggan yang puas akan :
1.
Melakukan pembelian
ulang
2.
Mengatakan hal yang
baik tentang perusahaan kepada orang lain (rekomendasi).
3.
Kurang memperhatikan
merek dan iklan produk pesaing.
4.
Membeli produk lain
dari perusahaan yang sama.
2.5.2. Pengukuran
Kepuasan Pelanggan
Menurut
Kotler yang dikutip oleh Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra terdapat empat
metode yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mengukur kepuasan pelanggan,
yaitu:
a)
Sistem keluhan dan saran
Setiap
perusahaan yang berorientasi pada pelanggan (customer oriented) perlu
memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para pelanggan untuk menyampaikan
saran, pendapat dan keluhan. Informasi yang diberikan oleh pelanggan akan
sangat berguna untuk memperbaiki kekurangannya.
b)
Survey kepuasan pelanggan
Melalui
survey, perusahaan akan memperoleh tanggapan dan umpan balik secara langsung
dari pelanggan dan sekaligus memberikan tanda bahwa perusahaan memperhatikan
para pelanggannya.
c) Ghost shopping
Metode
ini dilakukan dengan cara mempekerjakan beberapa orang (ghost shopping)
untuk berperan sebagai pelanggan potensial produk perusahaan dan pesaing.
Dimana ghost shopper menyampaikan temuan-temuan
mengenai kelemahan maupun kelebihan produk perusahaan dan pesaing.
d) Lost customer analysis
Perusahaan
berusaha menghubungi para pelanggannya yang telah berhenti membeli atau beralih
ke perusahaan lain. Perusahaan ingin mengetahui apa penyebab terjadinya hal
tersebut sekaligus mengetahui kekurangan dari produk (barang dan jasa)
perusahaan. (Service, Quality & Satisfaction, 70)
2.5.3. Faktor-Faktor
Timbulnya Ketidakpuasan Pelanggan
Menurut
Fandy Tjiptono munculnya ketidakpuasan pelanggan terhadap produk/sesuatu,
dikarenakan oleh:
a)
Ketidaksesuaian
antara harapan dan kenyataan
b)
Kualitas pelayanan
di bawah standar
c)
Layanan selama
proses menikmati jasa tidak memuaskan
d)
Harga yang
dikeluarkan tidak sesuai dengan pelayanan yang didapat (Service
Management, 113-114)
2.5.4. Strategi
Kepuasan Pelanggan
Ada
empat strategi untuk memenuhi kepuasan konsumen, menurut Fandy Tjiptono dan
Gregorius Chandra, yaitu :
a) Relationship Marketing Strategy
Hubungan
transaksi antara penyedia jasa dan pelanggan berkelanjutan, tidak berakhir
setelah selesai pembelian. Dengan kata lain, suatu hubungan yang secara terus
menerus sehingga terjadi bisnis ulangan (repeat business).
b) Strategy Superior Customer Service
Strategi
berusaha menawarkan pelayanan yang lebih unggul dari para pesaing. Membutuhkan
dana yang besar, sumber daya manusia, dan usaha yang gigih.
c) Strategy Unconditional Guarantees
Strategi
yang berkomitmen untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan yang pada
gilirannya menjadi sumber dinamisme penyempurnaan kualitas jasa dan kinerja
perusahaan.
d)
Strategi Keluhan Yang Efisien
Penanganan
keluhan yang baik akan memberikan peluang untuk mengubah pelanggan yang tidak
puas akan menjadi pelanggan yang puas atau bahkan pelanggan tetap. (Service,
Quality & Satisfaction, 129)
|
11
|
GAMBARAN UMUM
HOTEL PRIMA
SANGKANHURIP
3.1
Sejarah
Resort Prima Sangkanhurip
Resort
Prima Sangkanhurip didirikan pada tahun 1991. Resort Prima Sangkanhurip terletak di Desa Panawuan Kecamatan
Cilimus Kabupaten Kuningan No.121, Telp. (0231) 613700 Fax. 6131701. Resort Prima Sangkanhurip Merupakan
hotel bintang (***). Didirikannya Resort
Prima Sangkanhurip bertujuan untuk meningkatkan kebudayaan pariwisata dan
meningkatkan lapangan pekerjaan bagi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat
di Kabupaten Kuningan.
Resort
merupakan salah satu bentuk akomodasi penginapan yang memilki nuansa alamiah,
bangunan-bangunan yang menyebar tau terpisah dengan potensi daerah
pariwisatanya, tersedianya media kontak antar wisata, serta fasilitas-fasilitas
yang lengkap dan terjamin. Begitu juga dengan Resort Prima Sangkanhurip yang sudah memiliki semua
fasilitas-fasilitas yang diperlukan oleh tamu dengan nuansa alami yang
dikelilingi oleh tempat-tempat wisata.
3.2
Visi dan Misi Resort Prima
Sangkanhurip
Resort Prima
Sangkanhurip memiliki komitmen yaitu dengan adanya Visi dan Misi, diantaranya
sebagai berikut :
a.
Visi
Hotel Prima Group menjadikan salah
satu jaringan Hotel Indonesia yang sehat, mapan, serta dikenal, baik di dalam
maupun luar negeri dengan mutu pelayanan serta produk yang memuaskan pelanggan
serta memperkenalkan dan mengembangkan pariwisata di Indonesia.
b. Misi
1. Mengutamakan
kepuasan pelanggan, baik pelanggan eksternal maupun internal, dengan member
mutu produk dan pelayanan yang professional, dengan adil, bijaksana, hormat, dan
sopan.
2.
Dengan mengutamakan kepuasan pelanggan, maka diharapkan dapat memberikan
keuntungan bagi :
a) Pemegang Saham
b)Management
c) Karyawan
d) Rekanan
3. Menciptakan
budaya kerja yang professional, jujur, dan disiplin dengan integritas serta mutu
kerja yang sehat.
4. Memperlakukan
seluruh karyawan dengan adil dan bijaksana serta memberikan kesempatan bagi
mereka untuk kreatif memberikan masukan kritik yang bertujuan untuk kemajuan
perusahaan.
5. Peningkatan
kesejahteraan karyawan melalui pengembangan, pengetahuan, motivasi, jenjang
karir, dan pengembangan diri.
3.3
Fasilitas-fasilitas
yang Dimiliki Resort Prima Sangkanhurip
Resort
Prima Sangkanhurip memiliki fasilitas-fasilitas yang bisa menunjang kebutuhan
tamu, diantaranya sebagai berikut :
a. Teratai Restaurant
b. Bar dan Karaoke
c.
Swimming
Pool
d.
Tennis
e.
Billyard
f. Kolam Pancing
g.
Volly
Ball
h.
Area
Garden
i.
Laundry
j. Meeting Room
k.
Tenda
Cakra Buana
l. Panggung Budaya Cilimus 1928
m. Waroeng Kopi
n.
Balai
Desa
o.
Outbond
Area
p.
Camping
Area
q.
Studio
Music
r.
Lapangan
Helikopter
s.
Jogging
Track
t. Room Service
3.4. Jenis dan Fasilitas Kamar Yang Ada
di Resort Prima Sangkanhurip
a.
Resort
Prima Sangkanhurip memiliki 59 kamar dengan jenis yang berbeda-beda seperti :
v 6
Standar Room
Fasilitas nya :
Twin/Double
Bed, TV, AC, Standing Shower, Terrace.
v 14
Superior Room
Fasilitasnya:
Twin/Double
Bed, TV, AC, Bed Tub, Terrace.
v 8
Deluxe Room
Fasilitasnya:
Twin
Bed, TV, Mini Bar, AC,Bed Tub.
Dengan view menghadap ke swimming pool,
Terrace.
v Standar Bungalaw@2 Room
Fasilitasnya:
Twin
and Double Bed, Living Room, Mini Kitchen, AC,TV,
Meja Makan,Standing Shower, Refrigerator,Terrace.
v 1
Family Bungalaw@2 Room
Fasilitasnya:
Twin
and Double Bed,Living Room, Mini Kitchen, AC,TV,
Meja Makan, Bed Tub, Refrigerator,Terrace.
v Suite Bungalaw@2 Room
Fasilitasnya:
Twin
and Double Bed, Living Room,Mini kitchen, AC, TV,
DVD,Meja Makan,Standing Shower,Refrigerator,Fruit
Basket,Dispenser,Terrace.
v 1
Royal Suite@3 Room
Fasilitasnya:
2
Room Twin Bed,1 Double Bed,TV, AC,DVD,
2
Bathroom, Standing Shower,Bed Tub,Living Room,
Mini kitchen,Meja
Makan, Refrigerator,Dispenser,Fruit Basket, Terrace.
b.
Bungalaw Perkampungan Cilimus 1928
v Pondok Sekdes@1 Room
Fasilitasnya:
Living
Room,Meja Makan,Refrigerator,Double Bed,
Standing Shower,AC,TV,Mini Kitchen, Terrace.
v 13
Pondok Kuwu@2 Room
Fasilitasnya:
Twin
and Double Bed,Living Room,Mini Kitchen, Meja Makan,Standing Shower,AC, TV,Refrigerator,Terrace.
v 1
Pondok Pamong@1 Room
Fasilitasnya:
Double Bed,
Living Room, TV, AC, Mini Bar, Mini Kitchen,Standing Shower, Terrace.
v Rumah Pohon
Fasilitasnya:
Twin Bed, Kipas
Angin,Standing Shower, TV.
v 9
Cakra Room
Fasilitasnya:
Twin Bed,Kipas
Angin,TV.
v 6
Driver Room
Fasilitasnya:
Twin Bed,Kipas Angin.
General Manager
Yulianti
|
Coordinator F & B
Suryadi
|
Coordinator HK
Surya
Adipati
|
FO Manager
Kusnadi
|
Personal Manager
Ahmad Jazuri
|
Marketing Manager
Ade Ukanda
|
tiara
dody
Asep
Indra
Galih
Ramanda
|
Order
Taker
|
Laundry
Ardya
|
F&B Product SPV
Trisno
|
F&B Service SPV
Daud
|
Gardener SPV
Uu Maryuti
|
PA SPV
Ryan Rohadi
|
Floor SPV
Edi Samadi
|
3.5. Departemen
Di Resort Prima Sangkanhurip
Departemen
diresort Prima Sangkan Hurif, diantaranya:
1.
Front Office
Departemen adalah departemen yang bertanggungjawab sebagai penyambut tamu,
sebagai penjual jasa hotel dan sebagai pusat informasi tentang hotel khususnya
untuk tamu
2.
Housekeeping
Departemen adalah departemen yang bertanggungjawab atas kebersihan seluruh
bangunan hotel
3.
Sales dan
marketing departemen adalah departemen yang bertanggungjawab atas pemasaran
produk-produk hotel, seperti kamar.
4.
Acconting
departemen adalah departemen yang bertanggungjawab atas operasi keuangan hotel,
baik pengeluaran maupun pendapatan hotel
5.
Food and
beverage departemen adalah depatemen yang bertanggungjawab atas layanan makanan
dan minuman di restoran maupun di kamar (room service)
6.
Engineering
departemen adalah departemen yang bertanggungjawab atas perbaikan dan perawatan
mesin maupun barang-barang yang ada di
hotel
|
22
|
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
4.1 Stuktur Organisasi Hotel
Hotel merupakan
4.2 Lingkup Pekerjaan Setiap
Departement
Dapartemen yang ada di hotel
antara lain:
1. Front
Office Departemen, yaitu salah satu bagian terpenting yang mutlak harus ada
pada sebuah organisasi hotel. Front office
merupakan cerminan dari kualitas hotel untuk pertama kali bagi tamu saat
memasuki suatu hotel. Dan front officejuga mengurus segala kedatangan (chek in)
dan keberangkatan (chek out) dan menjadi ujung tombak cirta hotel di mata tamu.
Pront office dibagi beberapa bagian yaitu :
a)
Receptionist adalah petugas yang
melayani segala kebutuhan tamu yang datang kehotel dan juga yang memberikan
informasi kepada setiap orang yang datang kehotel.
b)
Reservasi adalah petugas yang
bertanggung jawab melayani segala pemesanan kamar dan chek out tamu.dan juga
mengarsip segala arsip-arsip tentang tamu yang menginap di dalam hotel.
c)
Sales marketing adalah department yang
bertugas mempromosikan segala fasilitas tentang hotel agar hotel mendapatkan
income sebanyak-banyaknya.
Tujuan dari
front office adalah sebagian berikut :
a)
Meningkatkan tingkat hunian kamar serta
pendapatan hotel dari tahun ketahun.
b)
Meningkatkan jumlah tamu langganan.
c)
Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu
secara baik , tepat dan cepat kepada tamu.
d)
Membentuk citra hotel yang positif.
2. Food
And Beverage Service Departement, yang
mengurus segala kegiatan makanan dan minuman di dalam hotel yang dikelola
secara komersial. F&B juga terdiri dari dua department adalah sebagai
berikut:
a)
F&B service adalah bagian departemen
F&B yang melayani tamu secara langsung dan juga secara service atau
pelayanan pada saat tamu makan dan minum petugas ini juga di sebut “waiter” and
“waiterss” F&B service.
b)
Banguet adalah petugas yang mengatur
layout dan segala kebutuhan pada tempat untuk meeting dan juga yang
mempersiapkan coffe break.
Room
service petugas F&B yang mengantarkan makanan dan minuman yang dipesan tamu
darikamar
Fungsi
utama dari divisi ini adalah menyediakan, menjual,dan menyajikan dengan layanan
yang memuaskan kepada pelanggan.fungsi utama kitchen,yaitu:
a)
Pusat kegiatan proses bahan baku makanan
di hotel.
b)
Pusat kegiatan pengelolaan makanan.
c)
Pusat kegiatan masak-memasak makanan
dihotel.
d)
Tempat menghasilkan resep yang baku
suatu hidangan di hotel.
e)
Alat pengukur reputasi dan image hotel,
melalui pengelolaan makanan.
3. Housekeeping
Department, bertugas menjaga kebersihan seluluh bagian-bagian bangunan yang ada
di hotel dan juga bertugas mengontrol linen-linen yang berada di dalam
lingkungan hotel.
secara umum HK Departement memiliki
fungsi :
a)
Menjaga kebersihan.
b)
Menjaga kerapihan.
c)
Menjaga kelengkapan kamar-kamar tamu.
d)
Menjaga restorant.
e)
Bar.
f)
Tempat-tempat umum dalam hotel kecuali
kitchen.
g)
Human Resource /Personal Departement.
Tugas pokok HRD adalah sebagai berikut:
Ø Melakukan
proses perekrutan karyawan.
Ø Melakukan
pelatihan dan mengembangan karyawan.
Ø Menciptakan
sistem penjaminan mutu.
Ø Menciptakan
sistem mutasi, promosi, dan demosi.
Ø Membina
administrasi kepegawaian.
Ø Membina
sistem penggajian, insentif, dan fringe benefit.
4. Security
Departement adalah suatu department yang bertanggung jawab atas keamanan hotel
secara keseluruhan.
5. Accouting
Departement. Sebagai jantungnya perusahaan yang menyimpan dan mengelola data hasil
operasi dan menyajikan dalam bentuk laporan sebagai bahan dasar untuk mengambil
keputusan manajemen.
6. Engineering
Departement.Tugasnya meliput pelaksanaan,pengawasan dan pembiayaan terhadap
property operation, merawat dan memperbaiki atas segala kelengkapan fasilitas
dan peralatan yang berada di dalam hotel.
7. Recreation
and sport Departement.
8. Room
boy adalah petugas yang bertanggung jawab membersihkan kamar dan juga
bertanggung jawab mengontrol mini bar dalam kamar hotel dan juga mereka
langsung berhubungan dengan reservation untuk memberitahukan kamar-kamar mana
yang siap jual dan belum siap jual.
9. Laundry
adalah petugas yang mencuci linen-linen kotor yang berada didalam hotel, mereka
juga bertugas mengontrol pemasukan dan pengeluaran linen-linen yang akan di
pakai di dalam semua kegiatan.
10. Public
area (PA) adalah petugas yang membersihkan bagian-bagian seluruh bangunan yang
terdapat didalam hotel mulai dari baseman hingga bagian-bagian dalam hotel yang
diallui oleh tamu
11. Gardener
adalah yang bertugas memelihara semua tanaman yang terdapat di lingkungan
hotel, mereka juga bias bertugas membuat mini garden yang menjadi hiasan di
dalam hotel yang biasanya pada saat hari-hari besar agama atau nasional.
Jenis
akomodasi yang mempergunakan seluruh atau sebagian bangunan yang menyediakan
jasa penginapan, pelayanan makan dan minum, serta jasa lainnya bagi para
wisatawan yang melakukan perjalanan, yang pengelolaanya dilakukan secara
komersial.
4.3 Kegiatan di banquet
Di
banquet kegiatan yang di lakukan adalah sebagai berikut :
1. Ketika
ada acara yang diselenggarakan seperti meeting, seminar , hut dan lain-lain.
Ruangan nya di selenggarakan acara tersebut di sheet, sesuai permintaan penyelenggaraan.
2. Set-up
dinner dan lunch
3. Menghandle
coffe break yang sedang berlangsung. Sambil mengecek the dan kopi apabila sudah
habis atau belum kalau sudah habis segera di refill kembali
4. Setelah
acara selesai mengclear-up dan langsung ngatur kembali posisi semula.
4.4. Organisasi Pelaksanaan Kerja
Restaurant Departement
Penyedian
pelayanan makanan dan minuman marupakan hal yang paling penting bagi sebuah
hotel di samping sarana, menginap, makan dan minum merupakan salah satu bagian
besar hotel. Sedangkan fungsinya adalah
mengenal furhasing, receiving, storing, sseruing.
4.5. Fungsi dan masalah-masalah bagian
makanan dan minuman
a.
Recevling adalah tempat di mana seluruh barang-barang
kebutuhan di beli oleh hotel di periksa. Di teliti jumlah nya serta
kualitasnya. Dari barang-barang tersebut tugas recevling area antara lain :
1. Memeriksa,
meneliti dan menerima barang-barang kebutuhan
2. Slalu
menjaga kualitasnya dari barang-barang tersebut
3. Mengirim
barang-barang tersebut ke gudang
b.
Production area adalah tempat di mana
makanan dan minuman di siapkan dan di olah proction area ini terdiri dari
pengelohan makanan ( kitchen )
c.
Restaurant adalah salah satu outlet
makanan dan minuman merupakan tempat dimana tamu-tamu dapat memesan dan menikmati
makanan yang di pesan nya.
4.6. Kendala yang dihadapi f&b
service department dalam menjalankan
tugas
1.
Dilihat dari segi peralatan dan dari
alat-alat lain nya juga linen upplies yang merupakan penunjang di dalam pelaksanaan oprasional dan harus lebih di
perhatikan kebersihan linen supplier sehingga tidak terjadi komplen dari tamu
karena kekurangan fasilitas hotel tersebut.
2.
Kurangnya rasa tanggung jawab yang
dimiliki oleh petugas hotel khusus nya di bagian house keeping dan di bagian
restaurant di dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari.
3.
Dilihat dari segi pegawai khususnya dari
bagian department house keeping dan restaurant di resort prima sangkanhurip
kuningan-jawa barat.
|
27
|
KESIMPULAN
5.1 Kesimpulan
Selama 2 bulan saya melaksanakan
prakerin di resort prima sangkanhurip banyak hal baru yang saya dapatkan baik
itu dari segi wawasan atau pun keterampilan kerja. Ada pun beberapa kesimpulan
yang dapat saya tarik dari laporan ini.
Setelah memahami dan mengetahui arah
serta tujuan pembuatan laporan prakerin ini di harapkan mendapatkan suatu
gambaran tentang dunia kerja.khusus nya sikap perilaku presetatif dalam
lingkungan keluarga,sekolah mau pun masyarakat.maka dapat mengembangkan
pengetahuan sikap dan perilaku.
5.2 Saran
1.
Saran untuk
pihak sekolah :
a.
Agar dapat
mempersiapkan pelaksanaan prakerin dengan terencana secara teliti dan baik
b.
Agar selalu
memperbaharui fasilitas untuk praktek sehingga dapat mendukung keberhasilan siswa
dalam melakukan prakein.
2.
Saran untuk
Hotel :
a.
Harus
meningkatkan pelayanan terhadap tamu agar tamu merasa puas dan ingin datang
kembali.
b.
Hendaknya
menciptakan suasana kerja yang nyaman dengan ada nya hubungan yang baik antar bagian.
DAFTAR PUSTAKA
Ni Wayan, dkk. 2008. Akomodasi
Perhotelan Jilid II. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan
Rumekso. 2001. Housekeeping
Hotel. Yogyakarta. Penerbit : Andi
Sugiarto, Endar; Sri
Sulartiningrum. 1996. Pengantar Akomodasi dan Restoran.
Jakarta : PT. Ikrar Mandiri Abadi
Google.com
LAMPIRAN
0 comments:
Post a Comment